Sedikit kata

Semua Akan Indah Pada Waktunya

--9 Agustus 2019--

25 April, 2016

Menulis Sebuah Solusi Permasalahan Pustakawan

Pustakawan.... Pustakawan merupakan motor agar perpustakaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada penggunanya. Sebisa mungkin perpustakaan yang dikelola menjadi perpustakaan yang lebih dari hanya sekedar perpustakaan pada umumnya (more than just a library).sehingga pasti yang namanya pustakawan adalah orang yang telah memiliki kemampuan atau ahli dalam bidang kepusakawanan. Oleh karena itu, tak perlu di tanyakan lagi mengenai apa yang telah dia lakukan ketika bekerja. 
https://americanlibrariesmagazine.org/wp-content/uploads/2016/01/digital-librarian.jpg
Kok kelihatannya pustakawan hanya duduk di depan komputer lalu internetan? Eh, malah buka media sosial. Apakah kerjaannya hanya internetan saja? 
Wah kalau ada yang sampai berpikiran seperti ini, rasanya kok perlu diberikan sebuah pencerahan kepada orang-orang yang berpikiran seperti itu terhadap pustakawan. Mereka seperti itu karena mereka tidak tahu mengenai pekerjaan apa saja yang sebenarnya dilakukan oleh pustakawan. Ya, mungkin karena kebanyakan dari mereka bahwa tahunya kalau pustakawan ya kerjanya yang tidak jauh-jauh dari yang namanya buku.
Oleh karena itu,pandangan seperti ini harus bisa kita rubah. Bagaimana caranya? Caranya ya lewat menulis,  atau bisa juga dengan promosi kepada mereka tentang apa sebenarnya pustakawan itu. Menulis dapat dilakukan dengan cara yang paling mudah yaitu melalui blog. Kalau memang sudah pandai dalam menulis, dapat menulis di media informasi atau media massa. 
Mengapa lewat menulis? 
Tulisan mampu memberikan pemahaman yang sesuai dengan yang diharapkan oleh penulis. Jadi, orang yang membaca mampu menangkap setiap maksud dan memahaminya sebagai pengetahuan baru bagi mereka. Kalau sudah begitu maka bukan tidak mungkin bahwa orang yang telah membaca itu menjadi orang pertama, berada di depan, untuk membela dan mendukung setiap apa yang dikerjakan oleh pustakawan. 
Marilah bagi semua pustakawan yang ada di negeri tercinta ini untuk rajin menulis. Menulis apa saja yang ada di hati. Usahakan bahwa tulisan tersebut dapat dibaca secara bebas oleh orang lain. Dengan begitu maka sedikit demi sedikit, paradigma yang muncul di masyarakat adalah bahwa pustakawan itu orang yang hebat dan memiliki kompetensi di bidang kepustakawan. 
Untuk tulisan mengenai apa saja sih pekerjaan pustakawan itu? Apa ada hubungannya dengan internet? akan saya bahas di tulisan berikutnya. Semoga bermanfaat.


Pustaka Unsyiah

No comments:

Post a Comment